Motivasi Dari Novel Negeri 5 Menara (Man Jadda Wajada)

Posted by Ratna Tanjung on Tuesday, February 14, 2012

Hari ini, di halaman awal dari novel Negeri 5 Menara karya A.Fuadi, kudapati sebuah halaman yang mampu menggetarkan batin ketika kumembacanya.

"Orang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halaman
Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang
Merantaulah, kau akan mendapat pengganti dari kerabat dan kawan
Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang.

Aku melihat air menjadi rusak karena diam tertahan
Jika mengalir menjadi jernih, jika tidak, kan keruh menggenang

Singa jika tidak tinggalkan sarang tak akan dapat mangsa
Anak panah jika tidak tinggalkan busur tak akan kena sasaran

Jika matahari di orbitnya tidak bergerak dan terus diam
Tentu manusia bosan padanya dan enggan memandang

Bijih besi bagaikan tanah biasa sebelum digali dari tambang
Kayu gaharu tak ubahnya seperti kayu biasa jika di dalam hutan"

-Imam Syafii'-

Mengapa hatiku tergetar setelah membaca tulisan tersebut?
Kerna sejak tahun terakhir di SMP, tepatnya setelah aku jatuh cinta pada pelajaran Bahasa Inggris, beserta seluruh elemennya (termasuk mas-mas bulenya yang guanteng-guanteng), aku memiliki mimpi dan harapan untuk bisa pergi dan tinggal di Eropa. Aku sangat tertarik dengan Paris.





Ya, kota terbesar di Perancis itu telah mencuri dan menyita seluruh perhatianku. Kota indah nan elegan dan romantis itu memiliki medan magnet yang mempu menarik perhatian banyak orang, termasuk diriku.




Negara lain di Eropa yang ingin aku kunjungi selain Perancis adalah Italy. Venice, menurutku adalah kota romantis setelah Paris. Kota yang didominasi perairan ini menyediakan panorama kehidupan yang memikat.

Aku harap, dengan bekal tekad dan mimpi yang kuat, aku akan menjelajahi Paris dan Venice, dan juga kota-kota nan eksotik lainnya di benua Eropa.

Amiin...
"Man Jadda Wajada"
Dream, Believe, and Make It Happen
SEMANGAT!!!
Share

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.
 

Brain & Soul Energy Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare