Handphone Kecemplung Air? Jangan Panik!

Posted by Ratna Tanjung on Friday, November 18, 2011
Di dunia ini segala kemungkinan bisa terjadi, termasuk jika tanpa sengaja handphone Anda kecemplung ke dalam air ketika sedang beraktivitas. Sebaiknya Anda jangan panik, karena berikut adalah langkah-langkah pertolongan pertama pada handphone Anda yang terkena air.

1. Segera keluarkan handphone dari dalam air. Kemudian keluerkan baterai kemudian jangan sesekali mencoba menyalakan handphone karena dapat menyebabkan konsleting yang akan mengakibatkan kerusakan yang parah terhadap handphone Anda.

2. Buka seluruh casing dan keringkan dengan lap kering dan halus.

3. Segera keluarkan juga kartu SIM Anda untuk mencagah kemungkinan kerusakan atau kehilangan data. Biarkan kartu SIM Anda benar-benar kering sebelum Anda mengecek kondisinya.

4. Keringkan ponsel sampai benar-benar kering. Anda bisa menggunakan pengering rambut (hairdryer)untuk membantu mengeringkan handphone Anda. Namun pastikan jaga jarak antara handphone dan hairdryer Anda, jangan sampai terlalu panas.

5. Jika Anda tidak mempunnyai hairdryer, Anda dapat mengubur handphone Anda ke dalam beras, karena beras merupakan unsur yang dapat menyerap kelembaban air, sehingga handphone Anda bisa lekas kering.

6. Coba nyalakan handphone Anda setelah benar-benar kering.

7. Jika ternyata handphone Anda ternyata ngadat, periksalah apakah handphone atau baterai Anda yang rusak, dengan memakai beterai cadangan. Jika baterainya yang rusak, Anda tinggal membeli baterai yang baru.

8. Jika handphone Anda tetap tidak mau menyala meski sudah memakai baterai cadangan, segeralah membqwq handphone Anda ke tempat service handphone atau teknisi terpercaya agar dapat segera d iperiksa kerusakannya.

Sumber : Koran Harian “Suara Merdeka” edisi Sabtu, 5 November 2011

Share

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.
 

Brain & Soul Energy Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare