Kamu Serius Belajar, Nggak?

Posted by Ratna Tanjung on Monday, March 05, 2012
1. Seberapa sering kamu belajar di rumah?

a. Setiap hari selalu meluangkan waktu belajar.
b. Kadang-kadang, ketika mood sedang baik.
c. Nggak pernah, sering kesulitan membagi waktu bermain.

2. Mengikuti tambahan jam belajar di luar sekolah untuk mata pelajaran yang nggak kamu kuasai?

a. Sering, biasanya saat masa ujian semester.
b. Tergantung sih, kalau teman dekat banyak yang ikut.
c. Males ah, kan udah belajar di sekolah.

3. Kamu sedang mempersiapkan diri mengikuti ujian di depan kelas. Lalu kamu mendapati teman-teman kamu mendapatkan bocoran jawaban ujian. Apa yang kamu lakukan?

a. Cuek aja, percaya kemempuan sendiri.
b. Kalau nanti soal tidak bisa dijawab baru nyontek.
c. Menyalin semua bocoran, mumpung rejeki, hehehe...

4. Saat mengerjakan ujian semester, ternyata waktu yang tersisa tinggal 15 menit. lalu pengawas ujian memberi peringatan disusul pesarta ujian yang sudah selesai mulai meninggalkan ruangan. Sedangkan ada soal yang belum kamu selesaikan. Apa reaksimu?

a. Tetap memanfaatkan waktu yang tersisa sampai semua soal terjawab.
b. Karena teman-teman sudah mulai keluar kelas, ya ikut keluar yang penting sudah usaha.
c. Mengisi jawaban asal-asalan yang penting selesai.

5. Saat sedang giat mengikuti pelajaran, tiba-tiba dosen atau guru kamu akan mengumumkan hasil ujian semester ini. Apa yang kamu pikirkan?

a. Pede aja, karena sudah siap mengerjakan ujian.
b. Santai ah, yang penting ikut ujian.
c. Takut, nggak pede sama usaha yang dilakukan saat ujian.

Hasil:

Mostly A
Wow! Kamu termasuk siswa yang nyaman dengan keadaan nilai akademis kamu. Karena bagi kamu proses belajar di kampus sudah kamu serap dengan baik, dan selabihnya kamu sudah berhasil menguasai pelajaran di semester ini. Kamu termasuk orang yang rajin dan menikmati semua pelajaran akademis yang kamu pelajari, jadi tidak ada rasa tertekan.

Mostly B
Cuek! Yap, itu kata yang bisa mewakili kamu. Dalam hal ini ada dua tipe orang cuek, yaitu orang yang cuek larena sudah pede sama proses belajarnya dan nggak perlu khawatir sama nilai semesterannya; lalu ada juga orang yang cuek karena dia memang menganggap proses belajar sampai perolehan nilai bisa dinikmati, alias mengalir saja. Dapat nilai bagus bisa disyukuri dan kalau dapat nilai buruk nanti juga bisa diperbaiki. Terserah mau pilih yang mana di antara keduanya, tapi bisa dikatakan kamu adalah orang yang cuek dengan nilaimu. Dengan tipikal seperti ini akan mempersulit kamu untuk membentuk jati diri sebagai orang yang bertanggung jawab, istilahnya bertanggung jawab mencari nilai aja sudah enggak beres, apalagi tanggung jawab mencari uang, alias kerja di mase depan kelak?

Mostly C
Ayo tetap semangat guys! Jangan menyerah! Takut sebelum bertempur enggak akan menjadikan kamu orang yang berhasil. Ada baiknya kalau kamu menambah waktu belajar dan mengurangi waktu bermainmu. Nah kawan, bukankah kita belajar di sekolah atau universitas untuk menimba ilmu agar menjadi modal kita nanti? Belajarlah lebih giat dan bersyukur karena masih banyak di antara kita yang memiliki semangat tinggi untuk belajar, tapi tidak mempunyai biaya untuk bersekolah. Jangan sia-siakan kesempatanmu!

Ayo...kamu termasuk tipe yang mana nih?...
Always keep your spirit to study ya...!


Sumber: Koran harian Suara Merdeka, edisi Minggu, 4 Maret 2012
Share

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.
 

Brain & Soul Energy Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare