Budaya Visual Barok dan Rokoko

Posted by Ratna Tanjung on Friday, April 26, 2013
Istilah Barok (Baroque) berasal dari kata romawi yang berarti tidak beraturan. Baapak seni rupa yang dianggap merintis gaya Barok adalah Michael Angelo dan Palladio. Gaya Barok berkembang pada paruh kedua abad ke-16, setelah seni rupa dari Itali berkembang dan meluas ke berbagai negara Eropa. Ciri utama seni rupa Barok adalah adanya kebebasan seniman untuk mengekspresikan diri melalui karya-karyanya dan karyanya lebih hidup.

 Michael Angelo (1475 - 1564)

Salah satu seniman Barok adalah Peter Paul Rubens (1577 - 1640). Rubens adalah seniman Belanda yang belajar pada seniman-seniman Italia. Dikarenakan karyanya yang bergaya Barok tersebut, Rubens dikenal sebagai pelopor seni rupa Barok. Seorang murid Rubens yang bernama van Dijck (1599 - 1641) kemudian menjadi pelukis terkenal dan menjadi pelukis istana kerajaan Inggris.

Seniman bergaya Barok lainnya yang terkenal adalah Rembrandt van Rijn (1606 - 1669). Karyanya yang terkenal adalah Dr.Tulp dan Nachtwacht. Rembrandt dikenal sebagai pelukis yang memiliki kepandaian menyusun efek cahaya dalam lukisan-likisannya, sehingga lukisannya seolah-olah hidup. 

The Night Watch by Rembrandt

Selain Rembrandt, pelukis bergaya Barok lainnya yang terkenal adalah El Greco dan Francisco Goya.

Di samping dikenal sebagai pelukis, El Greco juga seorang ahli filsafat, ahli agama, dan ahli sastra. Sedangkan Francisco Goya adalah seorang seniman dari Spanyol yang berpengaruh kuat dikalangan para pelukis Spanyol di masanya.

Di abad ke-18, pengaruh gaya Barok dalam seni lukis, patung, dan bangunan mulai menunjukkan tingkat penurunan. Ini dikarenakan gaya Barok sudah mencapai puncaknya. Kemudian gaya baru bernama Gaya Rokoko dinilai sebagai "penyelewengan" gaya Barok yang telah jenuh. Salah satu seniman bergaya Rokoko adalah Jean Antonie Watteau (1684 - 1721). Ciri gaya Rokoko adalah terdapatnya hiasan yang berlebihan, baik pada bangunan, seni patung, maupun seni lukisnya.

Inside of Schonbrunn Palace, Vienna, Italy. Built in 1760 - 1780





Sumber tulisan: Seni Rupa dan Desain untuk SMA Kelas XI- Agus Sachari



Share

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.
 

Brain & Soul Energy Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare