Pemijatan Payudara Untuk Memperlancar ASI

Posted by Ratna Tanjung on Tuesday, February 14, 2012

Salah datu cara yang bisa digunakan untuk memperlancar pemberian ASI adalah melakukan pemijatan pada payudara. Tapi para ibu sebaiknya tidak sembarangan dalam menggunakan minyak untuk memijat peyudara. Pemijatan pada payudara bisa membantu memperlancar saluran susu sehingga ASI yang mengalir lebih bebas dan membantu mengosongkan payudara. Kondisi ini akan memicu produksi ASI yang lebih banyak lagi.

Pijat ini juga penting dalam menjaga kesehatan payudara, karena jika payudara tidak dipijat atau tidak mendapat stimulasi maka memicu terjadinya penumpukan cairan yang nantinya menyebabkan masalaha pada payudara seperti payudara nyeri dan bengkak.

Terapi pemijatan payudara ini sebaiknya menggunakan minyak alami yang aman untuk kesehatan. Untuk itu cek terlebih dahulu kandungan dalam minyak tersebut apakah aman untuk bayi atau tidak terutama jika tertelan. Untuk itu pilihlah minimal minyak yang merupakan edible oil (food grade) semisal minyak dari biji bunga matahari, minyak zaitun, sehingga aman bagi ibu dan bayinya. Karenanya dianjurkan menggunakan minyak alami yang khusus dianjurkan bagi ibu menyusui. Sebenarnya jenis minyak pijat ini bisa diambil dari jenis minyak hewani seperti minyak domba atau sapi, namun resiko alarginya lebih tinggi. Maka dari itu anjuran menggunakan kandungan minyak yang berasala dari tumbuhan dengan pelembab tinggi yang bagus untuk kulit, karena kandungan ini sangat berguna untuk mengurangi resiko alergi.

Pemijatan yang dilakukan setiap hari juga berfungsi meningkatkan kadar hormone oksitosin yang bisa membantu menenangkan dan membuat ibu rileks, sehingga secara otomatis ASI pun akan keluar. Sealain itu minyak alami yang digunakan untuk pemijatan juga bisa membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada payudara yang bisa terjadi pada ibu-ibu menyusui serta melembabkan kulit payudara dan membuatnya tetap sehat saat tidak menyusui lagi.

Tips Pemijatan Payudara dan Beberapa Tahapan yang Bisa Dilakukan

1. Cuci tangan dan keringkan tangan sebelum melakukan pemijatan.

2. Berikan beberapa tetes minyak di tangan, lalu mulailah memijat dari daerah putting dengan memberikan gerakan lembut dan halus.

3. Setiap tekanan yang diberikan akan memperlancar aliran darah pembuluh limfatik.

4. Lakukan pijatan lembut pada payudara dengan gerakan meremas seperti gerakan mengangkat dan menekan.

5. Secara perlahan pijat payudara searah jarum jam dan berlawanan jarum jam.

6. Jangan menekan terlalu keras karena bisa merusak jaringan kelenjar.

7. Lakukan pijatan secara teratur setiap harinya.

8. Dan ingat! Minyak pijat payudara beerbeda dengan baby oil.

Share

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.
 

Brain & Soul Energy Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare