Vertigo

Posted by Ratna Tanjung on Friday, November 18, 2011

Istilah vertigo sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yang berarti sensasi gerakan, rasa gerakan dari tubuh, atau lingkungan sekitar yang biasanya disebabkan oleh gangguan keseimbangan yang berpusat di area labirin atau rumah siput di daerah telinga. Oleh karena itu seseorang yang terkena vertigo akan meerasakan pusing, yang seolah-olah lingkungan di sekitarnya berputar meski orang tersebut diam tidak bergerak. Damapak dari vertigo, penderita merasa mual dan ingin muntah, bahkan tak mampu berdiri atau terjatuh karena kurangnya keseimbangan.

Vertigo dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan penyebabnya, yaitu vertigo laryngea, yaitu pusing karena serangan batuk, vertigo nocturna, rasa seolah-olah akan terjatuh pada permulaan tidur, vertigo ocularis, yaitu pusing karena penyakit mata, khususnya karena kelumpuhan atau ketidak seimbangankegiatan otot-otot bola mata, dan vertigo rotatoria, yaitu pusing seolah-olah semua d sekitar badan berputar-putar.

Jika seseorang terserang penyakit ini, segera tarik mafas dalam-dalam, pejamkan mata, segera cari tempat untuk berbaring atau duduk sampai serangan vertigo berkurang atau hilang. Buka mata perlahan lalu coba miringkan badan atau kepala, gerakkan kepala dengan perlahan. Jika terjadi lagi, pejamkan mata atau kembali ke posisi semula.

Sumber : Majalah kesehatan “Selaras” volume 08/2011

Share

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.
 

Brain & Soul Energy Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare