Mencegah Efek Radiasi Ponsel

Posted by Ratna Tanjung on Friday, November 18, 2011
Sering kita dengar, penggunaan handpone sehari-hari dapat menimbulkan bahaya pada kesehatan akibet radiasi handphone. Patut diketahui radiasi adalah penyebaran partikel-partikel elementer dan energi radiasi adari suatu sumber radiasi ke medium atau tujuan sekitarnya. Energi radiasi dapat mengeluarkan elektron dari inti atom dan sisa atom menjadi bermuatan positif yang disebut elektron positif. Sementara itu elektron yan dikeluarkan dapat tinggal bebas atau mengikat atom netral lainnya dan membentuk ion negatif. Gelombang yang dihasilkan oleh handphone dipercaya dapat mengakibatkan gangguan kesehatan fisik dan mental, mulai dari yang ringan sampai yang berat. Efek dari radiasi handphone antara lain dapat membuat otak menjadi lamban (diawali dengan gejala pusing setelah menelpon berjam-jam), mempengaruhi keseimbangan hormon, dan mempengaruhi irama jantung. Untuk itulah Anda perlu tahu bagaimana cara mencegah efek dari radiasi handphone Anda berikut ini :

1. Jangan menelpon terlalu lam menggunakan handphone. Lebih baik memakai telpon rumah bias yang menggunakan kabel, kerena bebas radiasi gelombang elektromagnetik.

2. Saat Anda melakukan penggilan menggunakan handphone, tunggu beberapa saat sampai penggilan Anda terkoneksi ke jaringan operator, baru kemudian tempelkan telingan ke speaker. Sedikit banyak hal ini dapat mengurangi efek radiasi.

3. Gunakan hansfree, headset, earphone, atau speakerphone saat bicara dengan handphone agar menjauhkan radiasi dari otak yang berdekatan dengan telingan kita.

4. Jauhkan handphone yang aktif dari tempat tidur . Jangan sampai Anda tidur dengan handphone di samping Anda utuk menghindarkan paparan radiasi terus menerus di tempat yang sama.

5. Jangan memasukkan handphone ke saku celana. Material bahan celana kadang dapat menjadi konduktor yang cepat untuk radiasi, ketimbang reaksi ke bagian kepala. Sebuah studi mengungkapkan posisi handphone di saku celana, terutama dekat lipatan paha dapat menurunkan kualitas sperma hingga 30% .

6. Beli handphone yang memiliki RF Specific Absorbtion Rate / SAR rendah di bawah 1,6 watt/kg, agar radiasi yang dihasilkan tidak terlalu besar yang dapat mengganggu organ tubuh manusia.

7. Hindari menggunakan handphone di elevator / lift. Elevator sebagai ruang metal tertutup dapat memicu hukum Faraday sehingga bisa menjebak radiasi yang dipancarkan dan dikhawatirkan akibatnya berbalik ke pengguna.

8. Jauhi teman atau orang di sekitar Anda yang sedang bertelpon ria dalam jangka waktu yang lama untuk menghindari imbas radiasi ponsel milik orang lain.

9. Gunakan EMF Protection atau pelindung radiasi untuk handphone Anda. Satu yang sedang naik daun belakangan ini adalah pemanfaatan bioenergi sebagai anti radiasi pada handphone.

Sumber : Koran Harian “Suara Merdeka” edisi Sabtu, 5 November 2011

Share

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.
 

Brain & Soul Energy Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare