Pengecatan Basil Tahan Asam

Posted by Ratna Tanjung on Monday, October 17, 2011

*Pada dasarnya bakteri ini adalah bakteri gram + tetapi tidak dapat diwarnai secara gram, sehingga harus diwarnai dengan Zielh Neilson (ZN) yang terdiri dari 3 macam cat:

1. ZN A (Carbol fuschin), memberi warna merah

2. Alkohol asam (asam kuat yang terlarut dalam alkohol)

3. ZN C (methylene blue).

*Pada saat pengecatan ZN A, smear bakteri disiram dengan carbol fuschin dan dipanaskan di atas nyala api spirtus dan digoyang-goyang agar tidak mendidih (dilakukan selama 4 menit), dan setelah itu dicuci dengan air mengalir. Maksud pemanasan: membuat lapisan lilin yang menyelubungi dinding sel bakteri BTA meleleh, dan cat ZN A masuk mewarnai bakteri . Dan pada saat bakteri BTA dicuci dengan air mengalir, lapisan lilin membungkus bekteri kembali.

*Dengan pemberian peluntur (alkohol asam), karena BTA tahan terhadap asam, sehingga dengan pelunturan alkohol asam, warna dari ZN A yang mewarnai sel bakteri tidak luntur. Yang terlunturkan hanyalah warna merah dari ZN A yang berada di luar tubuh bakteri.

*Selanjutnya dengan pemberian cat Methylene Blue, tubuh bakteri tidak dapat terwarnai. Sehingga warna bakteri BTA adalah merah dengan latar belakang biru, dan jika terdapat bakteri lain yang tidak tahan asam, maka bekteri tersebut akan bewarna biru.

Share

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.
 

Brain & Soul Energy Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare