Human Brain

Posted by Ratna Tanjung on Thursday, March 17, 2011
Otak manusia adalah pusat dari sistem saraf manusia dan merupakan organ yang sangat kompleks. Terletak di tempurung kepala, ia memiliki struktur umum yang sama seperti otak mamalia lain, tetapi lebih dari tiga kali lebih besar dari otak mamalia khas dengan ukuran tubuh setara. Sebagian besar ekspansi berasal dari cerebral cortex, lapisan berbelit-belit dari jaringan saraf yang menutupi permukaan otak depan. Terutama diperluas adalah lobus frontalis, yang terlibat dalam fungsi eksekutif seperti pengendalian diri, perencanaan, penalaran, dan berpikir abstrak.

Otak memantau dan mengatur tindakan dan reaksi tubuh. Hal ini terus menerus menerima informasi sensorik, dan dengan cepat menganalisa data ini dan kemudian merespon, mengendalikan tindakan tubuh dan fungsi. Batang otak mengontrol pernapasan, denyut jantung, dan proses otonom lainnya. Neokorteks adalah pusat berpikir tingkat tinggi, belajar, dan memori. Otak kecil bertanggung jawab untuk keseimbangan tubuh, postur, dan koordinasi gerakan.

Terlepas dari kenyataan bahwa itu adalah dilindungi oleh tulang tengkorak tebal, tersuspensi dalam cairan serebrospinal, dan terisolasi dari aliran darah oleh penghalang darah-otak, sifat halus dari otak manusia membuatnya rentan terhadap berbagai jenis kerusakan dan penyakit. Bentuk yang paling umum dari kerusakan fisik tertutup cedera kepala seperti pukulan ke kepala, stroke, atau keracunan oleh berbagai macam bahan kimia yang dapat bertindak sebagai neurotoksin. Infeksi otak jarang karena hambatan yang melindungi itu, tapi sangat serius ketika itu terjadi. Lebih umum secara genetik penyakit berbasis, seperti penyakit Parkinson, multiple sclerosis, dan banyak lainnya. Sejumlah kondisi kejiwaan, seperti skizofrenia dan depresi, secara luas dianggap disebabkan setidaknya sebagian oleh disfungsi otak, meskipun sifat anomali otak tersebut tidak dipahami dengan baik.


Share

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.
 

Brain & Soul Energy Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare