Kebiasaan Orang Amerika

Posted by Ratna Tanjung on Tuesday, March 22, 2011

Gaya Hidup


Menjunjung tinggi kebebasan individu.

Mereka jarang sekali bisa diatur. Mereka akan melakukan apa saja yang mereka inginkan, meskipun hal tersebut bertabrakan dengan kepentingan orang lain. Tak jarang beberapa dari mereka mempunyai anak biologis sebelum menikah, atau pun tinggal serumah dengan lawan jenis mereka tanpa adanya ikatan pernikahan. Dan hal-hal tersebut bukan merupakan hal yang tabu untuk negara yang sangat menjunjung tinggi nilai kebebasan tiap warganya. Untuk mendapatkan kebebasan individu, mereka dituntut untuk mandiri terutama secara financial. Jadi, sudah menjadi hal yang umum jika anak usia 9 tahun telah bekerja sebagai tukang loper Koran atau membantu memperbaiki atap rumah tetangga yang bocor. Jangan mengasihani mereka sebab mereka tak ingin sikasihani. Pekerjaan yang mereka lakukan di usia dini bukan berarti mereka miskin, tetapi itu adalah upaya untuk mendapetkan self-reliance dan individual freedom mereka.

Sportif dalam berkompetisi

Warga Amerika percaya bahwa setiap manusia dari ras apapun, warna kulit apapun, agama apapun, serta status sosial manapun, memliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan peluang kerja, karir, dan kompetisi apapun. Ini adalah salah satu nilai positif yang dimiliki oleh warga Amerika. KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) jarang memainkan peranan terhadap keberhasilan seseorang. Pada intinya, keberhasilan berbanding lurus dengan kerja keras.

Optimis

Sebagian dari mereka sangat optimis. Salah satunya tercermin dalam cara mereka ketika berjabat tangan, yaitu menggenggam dengan erat tangan orang lain meski hanya dalam waktu singkat. Jadi siap-siap jika tangan Anda seperti mendapat aliran listrik keoptimisan mereka. Jika Anda sudah mengetahui hal ini, lakukan hal yang sama terhadap mereka tatkala saling berjabat tangan.

To the Point

Jangan pernah terlalu sering berbasa-basi dengan orang Amerika. Sebagai contoh saat mereka bertanya apakah Anda butuh minum atau tidak, jawablah dengan jujur. Kesampingkan dulu nilai ”terlalu sungkan” yang dianut oleh orang Timur sebab Anda sedang berada di Barat. Jadi pandai-pandailah beradaptasi dengan keadaan.

Tepat Waktu

Tidak ada istilah jam karet di sana. Apabila Anda diundang pukul 07.00 p.m., maka maksimal Anda harus datang setengah jam lebih awal (in time). Untuk berjaga-jaga, jangan pernah datang tepat pada waktunya (on time).


Gaya Bicara

Orang Amerika suka jika pembicaraan mereka yang belum selesai dipotong oleh lawan bicaranya. Pembicaraan seperti ini sangat mereka sukai karena akibatnya adalah akan timbul heat conversation.

Jika berbicara dengan orang Amerika, lawan bicara harus selalu memperhatikan setiap tutur katanya. Walau suara mereka cenderunag keras, tetapi terkadang kecepatan berbicara mereka sukar diikuti.


Proses Pendidikan

Tidak terlalu terjadi jarak hubungan antara murid dan guru. Anggapan bahwa guru selalu benar sudah tak berlaku lagi. Sebab ilmu dapat datang dari manapun. Bahkan ada beberapa sekolah yang memperbolehkan murid-muridnya untuk memanggil guru mereka hanya dengan sebutan nama tanpa gelar mereka.

Di sana siswa berhak mengajukan usul, saran, serta kritik terhadap guru mereka dalam hal proses belajar mengajar.



Share

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.
 

Brain & Soul Energy Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare